Sabtu, 05 Oktober 2013

menjinakkan kucing hutan

mmm.. kucing hutan.. fauna yang satu ini memang eksotis dan sangat menarik baik pola tingkahnya gerak-geriknya.. juga yang satu ini pastinyaa "sifat liaar nyaa" kucing hutan memiliki karakteristik yang hampir sama dengan kucing'' pada umunya, hanya saja mungkin corak tubuhnya dan cara hidupnya yang sedikit berbeda.

tak heran banyak orang yang berminat memilikinya.. tapi tidak sedikit pula sang pemiliknya akhirnya dipusingkan dengan sifat liarnya,karena kucing ini sangat sulit untuk dipegang'' apalagi di ajak bermain . lantaran sifat bawaan yang memang liar dari sono nyaa kucing hutan memang sangat sensitif dan sebagian dari mereka mungkin masih asing dengan kehadiran manusia , apalagi jika kalian mendapatkannya dari alam liar., alias bukan dari penangkaran.. nah, ini ada beberapa tips yang bisa ane bagi , entah bener apa nggak,, tapi yang jelas udah ane buktiin sendiri gan..

   soal nya memang dari pengalaman sendiri,
 jadi waktu itu ane maen ke tempat salah satu temen yang punya kucing ini..
dari itu langsung jatuh cinta pd pandangan pertama dengan kucing hutan milik salah satu tmen ane itu lgsug ane beli dan cus d bawa pulang eeehhhh ga taunya nih kucing liar banget suka nyembur'', gigit'' juga, alhasil ane d bikin pusing tuju keliling dah .

tanpa ada bantuan dari ahlinya pulaa dan dari sini ane mulai menganalisa perilaku kucing ini untuk bisa menaklukan si bengal yang ''cool'' ini.. dan menurut analisa yang udah ane buat , yang namanya kucing hutan tidak bisa kita paksa untuk langsung jinak dengan kita, dekati lah perlahan" dengan tetap menjaga jarak aman dengan dia, supaya dianya merasa nyaman dulu dengan kehadiran kita dan kita juga aman dari serangan tiba'' yang kadangdia lakukan. ooh iya gan ,kucing hutan juga hewan yang sangat ingin dihormati jangan pernah menatap mata nya secara langsung jika kita belum benar'' dekat dengannya., karena dia akan merasa tertantang dan semakin liar.

  Jangan mempernmainkannya seolah'' ingin menggangu, karna dia akan sangat merasa terancam dan bakal sulit untuk menjinakannya. lakukan pendekatan step by step ,kalian harus super duper sabar. bantulah pendekatan dengan nya menggunakan makanan,dalam hal ini ane kasih makan pindang rebus gan, maklum cari yang muraah :D
hindari memberi makanan mentah, agar sifat liarnya agak teredam. jangan menaruh makan d kandang dengan porsi full satu hari, tapi cobalah untuk memberi nya makan pada jam'' makan agar dia merasa membutuhkan kehadiran kita dan semakin dekat dengan kita. jika ingin memegangnya coba gunakan penutup seperti kain dsb untukmenutup pandangan nya agar dia merasa tenang jika berhasil coba sentuh kepala atau bagian tubuhnya secara lembut seperti pada kucing biasa agar dia merasa lebih nyaman perlakukan dia selembut mungkin dan senyaman mungkin,..
dan setelah proses yang ane lakukan..
inilah hasilnyaa




 selamat mencobaa..  :-)

49 komentar:

  1. kucing aku masihbaja nyembur padahal udh d ajakin main dll

    BalasHapus
  2. coba d deketn pke mkanan gan..
    pake kawat tebal atau tongkat kecil utk mengaitkan mkanan nya
    biar dia nya juga terbiasa dgn kita
    kalo udah lumyn jinak coba ttup pnglihatanny pake handuk/kain
    pegang pelan'',sambil terus d elus"
    kalo mslah mandi mah itu ursan blkangan
    coba buat dia mrsa nyaman dulu..

    BalasHapus
  3. mas..kamu jual ya kucing ni? jika ada boleh contact sy di facebook ya. saya di malaysia memang mencari baka ini.

    https://www.facebook.com/eeil.beeboo?ref=ts&fref=ts

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf kak ..
      sy nggak menjual kucing inii

      Hapus
    2. Blh hubungi sy....0174022248

      Hapus
    3. Malaysia bnyak la orang jual try seach at fb.

      Hapus
  4. halo gan..sy dr malaysia..saya punya kucing bgni cuma sy tidak tahu macam mna mau jinakkan nya...dan makanan apa yg perlu diberikan kepadanya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kasih makanan daging yg sudah direbus aja gan
      supaya bisa menghilangkan sifat liarnya
      jangan diberi makanan daging mentah
      nanti dia malah lebih sulit dijinakan, dan naluri liarnya akan lebih sulit dihilangkan..

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. saya punya, tangkapan alam, perkiraan umur 3 bulan. Saya elus pelan-pelan, tanpa sarung tangan, saya yakin aj. Alhamdulillah dia mau walaupun waktu mau dielus selalu hising. Semoga bisa bertahan hidup sampai besar dan bisa lebih jinak. Kalau ada info atau pengalaman menarik menjinakkan kucing hutan ini kasih tau ya.......

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya syukur gan kalau bisa langsung jinak
      pakai sarung tangan atau kain itu hanya untuk jaga'' saja
      kalau'' dia malah menggigit

      Hapus
  7. Cara menjinakan KH
    1. Pakailah pakaian/baju kita pertama kali bertemu dengan KH tersebut..biarkan KH tau sudah aroma tubuh kita melalui baju tersebut..Jangn dicuci baju tersebut selama 5 hari atu lebih..Maksudx klu mau memberi makan atau menggendong KH
    2. Truh pakaian bekas kita dalam kandang KH supaya dia bisa mengadaptasi aroma tubuh kita Gan
    3. Beri makan pada pagi.siang,malam hari..dengan dimenggunakan tangan kita dan kita temani KH diwaktu makan..Cukup Kamu aja jngan ada orang lain karena KH akan bingung......Warningg!!!! jangan digangu waktu dia makan cukup dilihat saja OKee...
    4. GUnakan Kain pakaian kita klu mau mengendong karena takut klu terkena cakar dan gigitan KH.
    5. Mandikan 3x satu minggu..Peringatan....klu masih kecil cukup di basahi badanx aja ya gan... menggunakan beskom/Tempat air yang besar..dan gunakan handuk yg sering kita pakai.
    Cerita sedikit ya Gan....?
    Ketemux dihutan juga Gan
    Ini pengalaman saya gan udah punya 2 ekor KH yang pertama umurx udah nyampai 5 tahun klamin jantan jinak sering di bawa berburu..tapi sayang ditabrak mobil waktu mau nyebrang jalan..
    Nah yang kedua Umur udah 1 Tahun klmin betina Jinak Sering juga dbawa berburu al hasil mantapppp gan Ngga mau makan buruan sendiri klu ngga ada ijin dari Ane,,,,
    demikian Gan semoga bermanfaat tipsx...

    SEdikit Tambahan Bajux Agan bisa ganti tapi tiap kali ganti usahakan klu mau menengok KH gunakan baju tersebut..misal Baju A 5 hari..trus ganti baju B 5 hari kembali Sambung Baju A..Okeeee..
    nah klu sudah satu bulan dan KH udah tau aroma kita ngga papa lagi baju yang lain Biar tiap kali ganti baju ngga masalah...

    BalasHapus
  8. Mas mas mau nnya si klo di kandang mash defense itu knpa yaaa truss cara mengatasi biar ga kaburr klo lagi di mainin di tangan gmna soalnya klo lagi saya pegang pegang suka pengen kaburr mohon di bantu yaaa skalian si klo pin bbm mah biar share share invite yaa kawan 2a00aef0

    BalasHapus
  9. Gann saya juga punya kucing hutan..bru sebulan sya rawat.. Tp mkannya sdh saya coba kasih pindang rebus sma ayam rebus dy ga mkn sma sekali..alhasil smpe skrg msh mkn daging mntah.gmn ngatasinnya nih..bagi2 info ya gan.. Thx b4 :)

    BalasHapus
  10. mm kalo menurut ane gan, hewan juga kaya manusia ..
    punya rentan waktu yg berbeda untuk beradaptasi :-)
    jadi mungkin harus lebih sabar dan tekunlagi untuk melatihnya ..:-)
    cara-cara yg ditulissama teman-teman kita yg di atas itu, bisa dipergunakan kok
    ada banyak cara yg bisa di praktekin ..
    dan untuk masalah makan , itu hanya butuh pembiasaan gan kalo menurut ane
    lebih di biasain untuk makan daging yg udah mateng..
    jadi porsinya yg drubah
    bisa d kasih daging mentah sedikit dn sisanya d kasih daging mateng..
    trus mungkin juga bisa d kasih susu jika umurnya masih kecil
    (jangan di kasih gula yaa )..
    oiya, diliat juga kotorannya gan
    sory agak jorok..hihi
    kalo smisal kotorannya terlalu lembek ( mencret )
    jgn di terusin .. berarti si kucing ngga tahan
    okay
    mungkin itu aja sih yg bsa ane bagiin ..
    tetep tekun dan semangat :-)

    BalasHapus
  11. saya punya juga kucing kayak punya agan,,,
    udah jinak... tapi pas di keluarin dari kandangnya malah masuk lagi...
    adanya saya di gigit..
    gimana gan..?

    BalasHapus
  12. itu berarti dia belum merasa nyaman dan aman saat brada di luar kandang gan..
    coba untuk lebih sabar lagi, kasih selimut atau handuk saat akan di keluarin dr kandang..
    di elus'' aja
    kalo dia ngrasa nyaman dn aman
    mgkin nantinya dia bsa kok d ajak main'' di luar kandang :-)

    BalasHapus
  13. Gue juga ada beli kh ni...Baru smlm dapat... Masalah cuma makanan.. Mau mkn makanan mantah...sudah di compurin ngan royal canin.... Tpi cuma cuma dipilih daging mantah aja untuk di makan...Pgi tdi Cuba beranikn diri tok usap2 n belai kepala...nasib dapat... Terus kerinduan...

    BalasHapus
  14. Gue juga bela... Smlm Baru dpt...mula2 mau pegang amat bising..Tpi bila mula di usap di kepalany... Terus kerinduan...Tpi bunyi ny amat bising seperti memanggil2...Bila sudah dekat terus snyap

    BalasHapus
  15. Kalau kita jinakkan sapu kepalnya ngn dagunye..bpe hari mau jinak yaa

    BalasHapus
  16. Ini pengalaman ku

    http://alif31.blogspot.com/2014/07/memelihara-kucing-hutan.html

    BalasHapus
  17. Ini pengalaman ku

    http://alif31.blogspot.com/2014/07/memelihara-kucing-hutan.html

    BalasHapus
  18. kucing nya lucu banget, dulu beli hargany brapa? tau ada yg jual lagi?

    BalasHapus
  19. Assalamualaikum.. nk tany ckit boleh... susu kambing boleh bg kucing hutan mkn x.. terima kasih..

    BalasHapus
  20. saya punya kucing hutan saat masih belum melek,dia di adopsi dan di susuin oleh kucing kampung yang ada di rumah kebetulan saat itu kucing nya lagi beranak sekarang kucing hutan nya sudah lepas minum susu dan makan sendiri ,saya kasih makan cat food ( W****s ) saudara2 angkat nya sudah di pisah , sekarang ini kucing hutan saya sangat susah untuk di gendong dan di kandangin atau di masukin ke rumah , selama ini dia tidur di kursi teras rumah,,sesekali dia masuk ke dapur saat minta makan
    kemana2 dia ikut ke ibu angkat nya..kalau sudah besar nanti apakah biasa nya kucing hutan akan kabur dari rumah atau akan tetap di rumah ? bagai mana cara nya biar dia bisa betah di kandang atau tidak kabur , kalau di pisah kan dengan ibu angkat nya apakah dia akan kabur juga ? mohon pencerahan nya ...terimakasih

    BalasHapus
  21. Saya punya kucing hutan gan saya beli waktu umur 2 mingguan trus saya susukan ke indukan persimed, tp karena jarang dipegang dia jadi galak lagi. Gimana ya gan cara menjinakkan lagi??? Teria kasiih

    BalasHapus
  22. Aku jg punya kucing hutan drumah,,,ada 2ekor klo malam buat jaga rumah...
    Klo ada orang asing niat jahat msk rumah,,maka dia langsung nyerang gigit
    Soalnya dl prnh ada maling digigit ketakutan...

    BalasHapus
  23. gan, gimana caranya mlihara kucing hutan dari kitten bisa ampe dewasa dan beranak pinak?
    soalnya banyak temen yg mlihara kucing hutan tapi umurnya ngga bisa bertahan lama, paling lama cuma ampe 5 bulan.. padahal makanannya pun udah bener, ikan d rebus..

    BalasHapus
  24. Mas mau tanya kwan saya punya kucing utan 4 bulan.bru beli.tapi kwn sy buntu mau kasi mkn apa yg lebih bagus

    BalasHapus
  25. Gan giamana cara meramut macan akar yang banyi dan bisa makan nasi atau yang gampang dan murah. .

    BalasHapus
  26. Mas,punyaku ada 1,tpi habis makan susu kok muntah munkin kekenyangan,susu yg ku kasih susu enak,teman2 ap makanan n minumanx macan akar ni,tolong?

    BalasHapus
  27. Mas,punyaku ada 1,tpi habis makan susu kok muntah munkin kekenyangan,susu yg ku kasih susu enak,teman2 ap makanan n minumanx macan akar ni,tolong?

    BalasHapus
  28. Mas2 kalo ada yg minat kh boleh ak kebetulan punya satu pasang umur 2 mgg,msh jinak binggiit..sdh bs makan to tetep msh di beri susu juga. Pls call me.hp.wa.0811231265.

    BalasHapus
  29. Mas2 kalo ada yg minat kh boleh ak kebetulan punya satu pasang umur 2 mgg,msh jinak binggiit..sdh bs makan to tetep msh di beri susu juga. Pls call me.hp.wa.0811231265.

    BalasHapus
  30. Punya aku ga galak.. Begitu beli langsung dipegang di elus2 diem aja.. Tapi masih susah buat di panggil.. Gimana cara manggilnya biar mau nyamperin..

    BalasHapus
  31. Baru dapat kbetulan nemu di hutan sedang disolasi

    BalasHapus
  32. gan tolong pentunjuk...saya punya kucing akar..yg sdh agak besar...agak susah..di jinak kan..apa yg harus dilakukan

    BalasHapus
  33. Sya punya kh 2 sepasang klo di pegang msh ska nyagar tp sya panggil klo mau ksh mkn nurut pda nyamperin.. Soal a sya lepas biar terbiasa..
    Gmn cra a klo di pegang ngk gigit dan mau di pegang..

    BalasHapus
  34. Mas aku punya dua smua'y aku taruh kandang, diajak maen uda bisa tp klo dkluarin dr kandang kok lari2an ya, apa emg blm trbiasa dluar apa gmana, trus klo misal'y sering aku kluarin dr kandang bisa nurut kya kucing biasa ga? Mohon blasan'y makasih..

    BalasHapus
  35. Gan, saya br adopsi KH , umurnya 2 bulan lebih, kata pemiliknya makannya ikan di rebus, saya coba mau makan, saya coba kasih makanan khusus kucing, tdk mau, bagaimana supaya makanannya beralih ke makanan kucing khusus, kira2 bisa tdk kalau KH ? Terima kasih

    BalasHapus
  36. Kmrn adob kh, di tmpat yg punya jinak, lha teditmpatku mlh mbekos mbekos..... Kucing jawa ane sampa tErkncing kencing lari ktakutan...😂😂

    BalasHapus
  37. Ane baru adop KH yg skrg udh umur 3 bulan, ane beli dari teman ane. Orang pertama adop KH tsb. dri umur 1,5 bulan.
    Sekarang udh 3 hari ada dikandang rumah ane, tapi gk kayak biasax sifatx waktu masih d adop ama orang pertama, di rumah KH ane setiap di deketin mesti selalu nyembur* bikin kaget ane..
    Apa karena pindah orang KH ini jadi galak? / Masih butuh penyesuaian?
    Bagaimana cara menjinakkan KH ini lagi ya?
    Mohon bantuannya yg sudah berpengalaman..

    BalasHapus
  38. Misi gan, mintak solusi nya, KH punya saya udh jinak cuma makan nya agak payah, semalam saya kasih wheskes di tangan saya, saya suapin trus dimakan nya, besok nya saya kasih lg wheskes yang sisa semalam msh di dalam kemasan juga, saya suapin pakaj tangan dia gk mau makan, saya coba rebus kan ikan lele gk mau juga, saya kasih yang mentah gk mau juga, jdi saya jdi bingung mau di kash makan ap, saya kasih minum dengan air madu dia mau cuma berapa kali lh, hbis tu saya kasih lg gk mau lg, KH punya saya sekitar umur 3bulan/4bulan lh,

    BalasHapus
  39. aku ada ,biasa aku kasih makan selingan kadang mentah kadang rebusan!! karena aku dapat dari masih nyusu...dlu juga masih aku bantu pakai dot!! ya sampai skarang udh 5 bulan sering juga main sama kucing persia ku

    BalasHapus
  40. Gan saya ada kh umur dua bulan stengah,waktu pagi sya kasi daging lele di cacah,siang,mlam,karna stok mkan kh ny udh habis jdi siang dan mlam nya sya tes ksi tempedi cacah juga untuk ganjl lapar nya,mau mkan sikit2 pas subuh dia muntah2 lendir putih gtu,dan feses nya agak mencret gtu,dan nabsu mkan nya berkurang,suka menyndiri itu knpa ya kira2 dan menangan ni nya gimna,yg pernh kyak gni ksi tips nya donk,tolong gan):

    BalasHapus
  41. Aku pun ad bela kucing hutan ni... aku lepas dlam rumah je... tp dia selalu menyorok blakang peti ais... aku bela dri anak kecil dh smpai 3bulan dh... mslhny 2,3hri ni aku xde nmpak dia la... org ckp dia akn kembli ke tmpat asal dia dlm hutan betul ke?

    BalasHapus
  42. Biasa kalu paling2 lame pn 1hri je dia akan blik mkn... ni db 2hri xthu la mcm mna... agak2 dia lari x ya?

    BalasHapus